FAMILY


Gue anak kedua dari dua bersaudara. Saudara gue lagi satu adalah kakak cowo dengan jarak 8 tahun ama gue ( jauh bet yah?). Gak tau dah ortu mutusin kenapa buat gue setelah 8 thn berlalu... Ni family super duper dah lawak banget. Ayah yang suka ngebully, ibu yang suka dibully, kakak yang suka ngebully ibu dan mempunyai segudang cerita konyol, dan gue yang suka ngebully feat. Kakak dan yang suka dibully ayah. Makanya kalo kita berempat kumpul bakal ada aja cerita heboh yang bikin ngakak perut dan kejadian bully – bully-an.

1.      Ayah

Ayah mah orang yang baik bangetttt. Baik banget ngasi pakaian kotor buat dicuci ke gue dan langsung disetrika dari sejak gue SD. SD woy SD! Selama ada anak, kenapa ga diberdayain aje, gitu kali prinsip ayah gue. Tapi semenjak SMA kayaknya udah ga lagi, udah kenal yg namanya laundry. Apalagi kuliah, ya kali masa mau JNE pakaian kotor ke Malang buat gue cuciin ma setrika. Tapi ayah gue tipe woles and possitive thinking. Ngasi kebebasan anaknya buat ngelakuin apa aja selama itu dalam batas wajar aja. Ayah gue tingkat seninya luar biasa, dia itu pelukis yang lukisannya itu bener WOW (serius!) dan lukisannya tu bener-bener ribet. Aliran lukisan young artist sih. Ga ngerti? Ketik di mbah Google. Selain itu bisa nari tradisional (tarian khusus cowok loh ya), maen musik tradisional, kidung (kalo dijawa mungkin namanya karawitan kali yah, pokoknya bahasa di asal gue kekidung). Pokoknya yang seni – seni gitu dah. Olahraga juga jago. Bisa tenis, bulutangkis, tenis meja, basket, voli, renang, lari, silat, cuma hobby nonton sepak bola tapi maen sepak bolanya rada – rada. Soal olahraga dan seni mah no. 1 dah tapi soal pelajaran sekolah menang gue huahahahaha, soal pelajaran hidup ya dia lah. Pernah tuh gue lihat raport ayah gue pas SMP. Ya tuhan, tertinggi 7 dan terendah 4. Tau ga matpel apa yang dapat 4? Apalagi kalo ga si Matematika yang selalu membunuh otak anda paling tidak membuat anda bloon dalam beberapa menit hanya untuk memahami dia si raja mematikan. Ngakak abis dah, semenjak itu gue jadi sering nge bully ayah gue hahaha. Selain itu ayah gue juga konyol, pernah tuh dia nanya “De, obat insto nya dimana?” ya gue jawab “Ada di sebelah tv di lantai 2”. Yaudah deh ayah gue naek dan tiba – tiba terdengar suara langkah cepat ayah gue ke kamar mandi. Karena janggal gue naek terus liat ayah gue mukanya habis di cuci dengan mata merah, “Lah, ayah kenapa?”/ “Ayah malah netesin bokashi ke mata ayah”/ “Kok bisa?” / “Abis warnanya hampir sama kayak insto yaudah ayah langsung ambil dan netesin” dan seketika gue ngakak guling – guling di lantai. Asal lo tau yah tu bokashi semacam saudaranya minyak kayu putih cuma satu tingkat lebih parah. Bayangin aje lo netesin tu minyak ke mata lo, kalo ga bisa bayangin coba aje, dijamin feelnya lebih dapet. Ayah tu hobbynya tengkar ma gue hanya gara – gara remote tv, gue pengen acara tv itu si ayah yg ini yaudah bertengkar ala anjing ma tikus...

2.      Ibu

Udah pasti taulah dimana – dimana ibu adalah penyelamat dan the real baiknya. Gue sering ngebully ibu dengan sebutan dugong. Gak tau asal – usulnya gimana akhirnya kata dugong itu dapet. Kalo ayah mah kudanil dan kakak jerapah karena tingginya sekitar 186 cm, berasa berdiri di samping tiang listik kalo disampingnya. Nah biasanya ibu tempatnya berbagi segala hal cerita, dan yg ini kebalikannya. Jadi gue malah jadi tempat berbagi cerita ibu, walaupun kadang gue cerita ke ibu tapi tingkat keseringannya lebih rendah daripada ibu. Ibu gue doyan omdong, contohnya gini “Ibu mau diet ah, ibu akan mulai makan sayur lebih banyak” beberapa jam kemudian, ditemukanlah ibu gue lagi makan sepiring nasi dan lauk sayurnya dengan porsi kuli bangunan plus cemilannya. Lo tau, dalam kamus ibu gue, kupat tahu adalah cemilan, bukan main course. Ibu gue semangat banget beliin gue barang – barang yang feminim, mulai dari sandal yang hits semacam wedges atau yang lain, dress, dan boneka. Tapi khusus boneka, ujung – ujungnya ibu gue yang lebih sering make daripada gue. Kalo umpamanya gue beli boneka ya ujung – ujungnya ibu gue yang make. Ntahlah, mungkin masa kecil kurang bahagia. Ibu gue bisa seni tari tapi amburadul dibidang seni lukis dan matematika. Jodoh banget tu mah ma ayah soal matematika. Mereka memang ditakdirkan untuk bersama.

 Ibu juga jadi teman buat gue olahraga baik itu lari atau badminton. Jadi gue belajar badminton ya dari ibu gue, meskipun gue ga jago – jago banget tapi skill gue di bidang smash menyemash cukuplah. Pernah nih saking semangatnya main, gue bukannya balikin lemparin tu bola (?), yah gue ga inget namanya apa, pokoknya pemeran utama dalam badminton... Bukannya balikin lemparan dari ibu, malah yang gue lempar raketnya ke udara. Goblok kan yah? Yaudah jadinya gue ngakak gak jelas ngeliat aksi gue yang nyeleneh, manalagi itu pas lagi – lagi maghrib gitu, ga tau dah tetangga bakal merinding atau udah tau kalo itu gue yg lagi ketawa ga jelas.


3.      Kakak

Kakak cowok satu – satunya yang paling gue takuti padahal dia ga punya wajah seram atau sering marahin gue. Pokoknya apa yang ia titahkan selalu gue turuti meskipun ada badai cetar membahana datang. Gue bisa marah dan bentak ( ga terlalu keras), ngelawan, nge pause suruhan ortu #jangan ditiru, tidak baik bagi uang saku lo pada #dosa juga , tapi gue ga bisa kayak gitu ma kakak. Ga tau dah bisa kenapa... Tapi kakak gue nyayangin gue banget, sumpah dah. Pernah nih, gue dibangunin pagi- pagi dan pas gue bangun, dia berdiri ma anjing golden umur 3bulanan sambil bilang “Nih, golden, namanya Dego. Hadiah ulang tahun lo” Padahal ulang tahun gue lagi 11 hari kemudian dan taulah harga golden Rp. 2jt-an ke atas. Udah deh, gue langsung lompat dari tempat tidur dan maenin tu anjing sambil mikir “nih anak rela ngabisin Rp. 2jt demi hadiah? Fantastic baby”.

Pernah juga tuh pas hp kesayangan gue si Nokia C6-00 sedang rusak, Cuma rusak karena ga mau ke charger sih... Terus ayah gue bilang, kalo pulang nanti tak beliin yang baru. Nah pas pulang ke asal, ayah gue nanya mau hp apa? Gue mau nya nokia Lum(P)ia atau gak iPhone dan ga mau ma samsung. Ditanyalah mana yang lebih bagus, ya iPhone lah ( tapi menurut gue sama aja, Cuma lagi mau ganti suasana karena hp gue dari dulu nokia, nokia lovers dah). Dijawablah ohyaudah itu aja dan gue ketawa ke arah kakak gue dengan tatapan “gue punya iPhone sekarang”, dan tiba – tiba kakak nge-cut momen itu dengan “Jangan yah, kemahalan itu, ga cocok, ntar aku aj yang beliin si Ade” (iri kali yah karena daridulu sampe dia kerja ga pernah dibeliin hp mahal ma ayah, mungkin...),  WTH? Yaudah dah, ga jodoh kali gue ma iPhone, gue emang ditakdirkan terus bersama dengan nokia. Jadi dah aku minta Lumia 720 dan ga mau yang lain. Kakakku deal dan ternyata tu lumia udah ga diproduksiin lagi dan gue tetep kekeuh maunya Lumia yang itu dan dengan perjuangan kakakku akhirnya dapet (untung ga jadi yg bekas). Itu butuh waktu sekitar 7 jam-an buat nemuin tu Lumia, but thanks ya kakak JJJ really thanks, lo emang super duper dah, udah rela nyariin selama itu dan ngabisin duit lo buat adik lo yang s*a*** ini hahaha. Kakak gue juga yang selalu jemput gue di bandara kalo pas balik ke asal, nelpon gue nanya kabar, kalo ortu mah nelpon basa basi kabar terus sisanya malah curhat dengan aktivitas kesehariannya, kalo kakak gue mah ga gitu. Kalo gue sakit, dia cepet – cepet nelpon nanya sakit apa dan ngasi resep- resep ajaibnya yang bener bikin cepet sembuh. Sekalinya bersih – bersih juga ya bersih banget.

Kakak juga sebagai sumber IPTEK gue. Dia itu lulusan biologi dgn S2 ilmu lingkungan tapi tahu banyak hal. Ga ngerti dah... Dia itu tahu hewan itu lagi sakit apa ga, obat yg cocok untuk hewan lagi sakit dia tahu padahal bukan dokter hewan! Kalau ada org yang sakit, Dia tahu obat aja atau makan apa aja atau mesti lakuin apa aja padahal bukan dokter! Dia bisa masak dengan campuran bumbu yang bisa dikatakan aneh tp hasilnya enak dan campur – campur minuman dan hasilnya enak juga padahal dia bikan chef atau bartender! Gue pernah coba kayak gitu tuh alhasil hasilnya tak layak oleh BPOM RI. Dia bisa benerin remote, komputer, atap, kran air dll padahal di bukan teknisi atau tukang dan ayah gue malah ga bisa kayak gitu! Jadi kakak kayak P3K kalau ada masalah begituan di rumah. Dia itu juga jago itung – itungan tapi soal bahasa inggris gue yang menang hahaha, akhirnya ada yang gue menangin dari dia. Dia tahu pengetahuan yang ga umum, kayal teori big bang pokoknya ga umum dah. IP pas S2 juga 4, sempurna kan yah.. IP pas skripsi juga 4, padahal sehari sebelum sidang skripsi gue dapetin dia lagi asik maen PS nya dan game Red Alert nya di komputer, dan tiba – tiba besok udah denger aje dia lulus dgn nilai A. Applause dah... Cuma kakak gue ga suka ngajakin gue kemana – kemana atau nemenin gue kemana. Tapi sejak gue kuliahnya jauh dari rumah, tiap balik pas liburan pasti mau nganterin atau sesekali nyeletuk “Mau nonton ke bioskop ga?” Pernah juga ngebuatin gue rujak padahal selama ini dia buat sendiri dan dimakan sendiri juga dan semua berubah sejak gue udah kuliah. Padahal sejak jaman bahula sebelum gue kuliah dia ga pernah kayak gitu! Keajaiban Galaksi Bima Sakti dah.



PS: Sekian dah cerita keluarga gue, kalo gue lanjutin mungkin bisa jadi buku autobiografi keluarga gue. Itupun yang gue tulis belum termasuk anjing golden gue, Dego yang super duper nakal tapi lucu. Thank youuu for read...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[REVIEW] W DRESSROOM NO 02 : COCO CONUT

[REVIEW] W DRESSROOM NO. 34: ALWAYS HAPPY, NO. 41: JASMINT, DAN NO 97. APRIL COTTON

[REVIEW] W DRESSROOM NO. 45: MORNING RAIN